Hamster

                                    BUDIDAYA HAMSTER PRAKTIS
Masih membahas tentang seputaran hamster, Sebelum melanjutkan membaca artikel ini apakah anda sudah mengetahui mengenai jenis, cara perawatan juga tentang makanan yang baik untuk hamster?
Merawat hamster mungkin kelihatannya sangat sulit dan merepotkan, belum lagi untuk membeli beberapa hal yang di butuhkan untuk hamster agar menjaga hamster dalam kondisi baik dan bahagia membutuhkan cukup banyak pengeluaran.
Tetapi jangan salah, memelihara hamster itu sebenarnya sangat menguntungkan bagi kita. Jika kita sudah
terbiasa memelihara hamster dan merawatnya sebenarnya tidak begitu merepotkan dengan apa yang sudah sobat baca melalui pencarian sobat bahkan sangat menyenangkan. Nah pasti masalahnya biaya. Jangan khawatir sobatku! dengan memelihara hamster anda bisa mengambil peruntungan yang sangat menjanjikan yaitu dengan berternak hamster. Lalu, bagaimana sebenarnya cara ternak hamster yang baik? Oke deh sip di simak ya sobat!

Langkah awal beternak dan budidaya hamster

Pemilihan hamster

Langkah pertama adalah memilih hamster ini sangatlah penting, untuk para pemula yang ingin berternak hamster saya sarankan untuk memilih hamster Campbel karna harganya tergolong murah dan cara merawatnya pun mudah walau memang hamster Campbel sedikit galak. Tetapi sobat bebas mau memilih hamster apa saja sesuai selera sobat. Tapi saya sarankan lagi, untuk memilih induk hamster yang baik pilihlah hamster betina yang lincah dan mempunyai nafsu makan yang baik serta memiliki postur yang sehat dan sudah berumur 4-11 bulan karena kalau umurnya kurang dari 3 bulan di khawatirkan anak yang di hasilkan nantinya akan lemah dan pertumbuhannya kurang maksimal dan ini juga bisa mengakibatkan sang induk menjadi stress karna hamil di usia yang masih muda. Lalu pilihlah hamster jantan yang mempunyai bokong besar yang di buktikan bahwa hamster tersebut subur. Dan saya tegaskan dalam mengawini hamster harus dengan jenis yang sama tapi tidak boleh sedarah ya. Kenapa? Karena perkawinan sedarah dapat memicu kelainan genetika pada bayi yang dihasilkan. Contohnya seperti prematur, lahir cacat, dan lemahnya kondisi hamster dan itu bisa di liat di umur hamster pada saat 8 bulan. Tetapi hal ini tidak akan terjadi jika sobat dapat merawat dengan baik hamster soba yang sedang hamil dan melahirkan tetapi untuk lebih baiknya, hindari perkawinan sedarah.

Hamster Syrian

Hamster Syrian ini sudah matang untuk di kawinkan ketika dia berumur 2-3 bulan, seperti yang saya katakan sebelumnya lebih baik jangan di kawinkan sebelum berumur 3 bulan ke atas. Untuk hamster Syrian betina masa suburnya setiap 4 hari sekali dan biasanya hamster Syrian betina hanya mau di kawini pada malam hari sekitar pukul 20:00 sampai subuh sekitar pukul 05:00. Ciri-ciri hamster Syrian betina siap mau di kawini adalah dengan menggaruk-garuk punggungnya dan mengangkat ekornya ke atas dengan mata setengah tertutup. Anak yang di hasilkan dalam sekali kawin bisa mencapai 6-10 ekor, hal ini tergantung umur dan kualitas si jantan dan betina

Hamster Campbel

Untuk hamster Campbel sudah boleh di kawinkan minimal berumur 3 bulan. Hamster Campbel mencapai masa suburnya setiap 3 hari sekali, usahakan jika mau mengawini hamster jenis Campbel ketika usia hamster jantan lebih tua dari usia hamster betina.
Dalam proses pengembang-biakan hamster Campbel, siapkan satu kotak untuk sepasang hamster dan kemudian masukkan terlebih dahulu hamster jantan sendirian selama 2-3 hari setelah itu baru masukkan hamster betina yang sudah matang untuk di kawini. Proses selanjutnya kebiasaan hamster ini sebelum kawin adalah hamster jantan akan mengendus-endus hamster betina terutama alat kelaminnya, nah jika perjodohan sudah cukup lama maka secara nurani hamster jantan akan mengawini hamster betina tersebut.

Hamster Winter White

Hamster Winter White siap di kawinkan pada umur 4-5 bulan. Hamster Winter White ini tidak jauh beda dengan hamster Campbel. Masa suburnya sama setiap 3 hari sekali. Dalam proses pengembang-biakannya hamster winter white kurang lebih sama dengan hamster Campbel.

Hamster Roborovski

Hamster Roborovski siap di kawinkan pada umur 7-8 bulan. Akan tetapi jika sudah berumur 6 bulan kebanyakan sudah bisa untuk di kawinkan karna sebenarnya hamster Roborovski ini untuk usia kematangan seksualnya pada umur 5-6 minggu tapi untuk untuk baru bisa di kembang biakannya pada umur 6-7 bulan agar pada usia tersebut sang hamster betina akan sepenuhnya matang dan cukup kuat untuk menghasilkan anak dan merawat anaknya dan akan menjadi steril setelah 2 tahun. Masa subur hamster betina Roborovski ini setiap 4 hari sekali dan akan tetap subur dalam jangka waktu 12 jam dimana perkawinan dapat terjadi dalam arti ini adalah sebuah tantangan untuk hamster jantan mengawini hamster betina dalam masa subur karna dengan hamster jantan berhasil mendapatkannya sudah dapat di pastikan bahwa hamster betina akan hamil. Kalau untuk hamster jantan akan selalu subur sepanjang hidupnya.
Banyak peternak hamster Roborovski mengatakan bahwa hamster betina Roborovski tidak akan berkembang biak dengan sukses sampai musim semi berikutnya. Hal ini dapat di pastikan bahwa hamster Roborovski memiliki musim kawin yaitu musim semi atau musim panas yang dimana berhubungan dengan peningkatan panjang hari atau suhu. Pencahayaan dan pemanasan buatan dapat merubah musim kawin hamster ini dan mungkin bisa membentang sepanjang tahun. Akan tetapi mereka bisa membatasi untuk terus memproduksi sel telur karna harus memelihara anaknya secara terus menerus. Dan ingat, untuk mengawini hamster jenis ini usahakan hamster jantan lebih besar dari hamster betina. Hamster betina Roborovski dapat menghasilkan sel telur setiap 4 minggu atau lebih dan hanya dapat menghasilkan 3-5 ekor anak saja dalam sekali kawin.

Hamster Hybrid

Berhubung hamster Hybrid adalah hasil persilangan yang sangat di tentang oleh dunia maka sudah tentu hamster ini tidak boleh di kembang biakan. Dan sudah tentu hamster Hybrid ini sudah jarang dapat kita jumpai karena sebenarnya sangat di tentang untuk memelihara hamster ini dengan alasan seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya dalam artikel sebelumnya.

Hamster Cina

Hamster Cina siap di kawinkan pada umur 3-4 bulan akan tetapi sama seperti yang saya jelaskan sebelumnya lebih baik di kawinkan pada umur 4 bulan.
Cara pengembang-biakannya sama seperti hamster Campbel dan Winter White.

Cara mengetahui jenis kelamin hamster

Pegang hamster kesayangan anda dan secara lembut dan perlahan balikkan hamster tersebut di telapak tangan anda biarkan dia telentang di tangan anda tetap dengan perlakuan yang penuh kasih sayang.

Perhatikan daerah kelamin hamster anda.

Jantan : Memiliki 2 lubang yang terpisah kira- kira 1_2^1 cm. Bagian bawahnya akan lebih memanjang. Biasanya hamster jantan akan terlihat lebih besar daripada hamster betina tetapi tidak selalu.
Betina : Memiliki 2 lubang yang sangat dekat bahkan seperti menempel serta memiliki 4 buah puting susu.
jenis kelamin hamster jantan dan betina
image by clarasarchan.files.wordpress.com
Jika sobat kesulitan membalikkan hamster sobat di tangan, coba masukkan ke dalam plastik dan lihat melalui piring dengan hati-hati. Ini dapat menghemat waktu sobat untuk mengamati jenis kelamin hamster.
Pastikan umur hamster 3-4 minggu karena jika mengamati sebelum umur tersebut sobat akan kesulitan membedakan jenis kelamin hamster.

Proses perkawinan hamster

Sebelumnya sudah pasti kita harus menyatukan hamster kita terlebih dahulu, caranya adalah dengan membuat kandang khusus untuk proses kawin mereka. Lalu biasanya beri sekat di tengah-tengahnya, hal ini mencegah pertengkaran antara hamster betina dengan hamster jantan jika langsung di satukan walaupun pertengkarannya biasanya hanya berlangsung 2-3 hari dan tidak akan menimbulkan luka tapi alangkah lebih baiknya jika di pisahkan dulu bersebelahan sekitar 1 minggu paling lama agar hamster betina tidak akan stress dan agar mereka bisa mengenal satu sama lain dari baunya.
Setelah di satukan biasanya hamster jantan akan menciumi kelamin hamster betina. Biasanya hamster betina akan berperilaku sedikit jual mahal, ia tidak akan langsung mau begitu saja untuk di kawini. Akan tetapi ia pasti akan terus berlari agar tidak di kawini dan hamster jantan akan terus mengejar hamster betina.

Proses kejar mengejar itu biasanya tergantung dari hamster betina, jika ia sudah mulai lelah untuk berlari ia akan terlihat pasrah dan mau untuk di kawini. Perkawinan hamster bisa terjadi selama 3 minggu atau bisa hanya 1 kali saja, semua tergantung oleh pembuahan dari hamster yang anda pelihara.
Lalu, apabila kedua hamster telah merasa puas, mereka akan menjilati alat kelamin satu sama lain.
Proses perkawinan biasanya berlangsung selama 15 menit dan setelah itu hamster betina akan membersihkan dirinya sendiri.
Apabila hamster betina sudah terlihat hamil, segera pisahkan hamster jantan dan betina di kandang yang berbeda. Hal ini di maksud agar hamster betina tidak merasa terganggu dan terancam yang dapat menimbulan stress sehingga nantinya ia dapat melahirkan anak-anaknya dengan baik.

Makanan

Berilah makan dan minum pada hamster kesayangan sobat dengan baik dan teratur seperti yang sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya tentang menu makanan hamster. Makanan yang sangat direkomendasikan saat melakukan budidaya hamster adalah makanan mengandung telur sebagai sumber makanan berprotein, telur yang kaya akan protein akan membangkitkan gairah pasangan hamster untuk kawin dan terakhir ragi, kenapa ragi? karena ragi akan membuat hamster relax dan tidak strees saat proses beternak, tingkat kesetreesan hamster ialah salah satu penyebab mengapa banyak peternak hamster tidak sukses mencapai target pembudidayaan, berikan makanan yang mengandung ragi seperti snack untuk hamster, roti atau alternatifnya berikan setengah tablet vitamin anjing atau kucing yang mengandung vitamin B karena dipastikan banyak kandungan ragi juga disana.
manfaat ragi untuk hamster
makanan mengandung ragi bermanfaat untuk hamster

Kandang Ternak

Seperti yang sudah saya jelaskan juga pada artikel sebelumnya tentang perawatan kandang hamster yang baik dan sehat. Saya tegaskan lagi saja bahwa dalam mengganti serbuk kayu sangat di nomor satukan ya jadi jangan malas.
Tidak hanya manusia yang bisa berpoligami tetapi hamster juga bisa poligami atau dengan kata lain kawin dengan hamster betina yang berbeda-beda. Berikut ada beberapa poin terpenting penggunaan atau jenis kandang ketika ingin mengadakan proses perkawinan hamster kesayangan sobat.
Kandang untuk ternak dapat berupa kotak kardus yang sudah sobat rangkai, anda juga dapat menggunakan akuarium kaca atau plastik. Tapi biar tidak merepotkan sobat, usahakan kandang tersebut yang bisa membuat kotoran hamster jatuh ke bawah sehingga sobat akan lebih mudah untuk membersihkannya.
kandang ternak
kandang ternak bisa berupa akuarium kaca atau plastik
image by www.ccac.ca
Pastikan kandang ternak sobat bebas dari tikus, kuncing dan binatang lainnya. Pastikan kandang tersebut juga harus aman, bersih dan nyaman. Pastikan kandang ternak itu tidak ada celah untuk hamster kabur dalam arti keluar kandang, Tentukan berapa pasang yang akan di ternak.
Jika sobat ingin menernakkan 10 hamster maka cukup satu kandang besar saja untuk proses perkawinan hamster. Biasanya jika ingin menernakkan 10 hamster idealnya adalah 2 hamster jantan dan sisanya adalah hamster betina. Dan jangan lupa! Harus dengan hamster yang sejenis tapi tidak sedarah ya dalam satu kandang tersebut. Jika proses perkawinan sudah selesai dan terlihat hamster betina sudah hamil segera pisahkan hamster betina dan jatan.
Akan tetapi sesama hamster betina yang sama-sama sedang hamil juga harus di pisahkan ya agar tidak timbul pertengkaran karena merasa takut terancam dan proses melahirkan juga tidak akan tenang. Kandangnya dapat berupa gayung atau kaleng bekas cat tembok ukuran 5 liter untuk lebih menghemat biaya dan atasnya kasih tutup kawat strimin untuk setiap masing-masing hamster betina yang hamil. Lalu di kandangnya kasih dami padi atau kulit jagung kering dan bekas gergajian kayu sebagai alas. Dan kalau lagi hamil, hamster jangan di pegang pakai tangan tapi ambil pakai sendok karena hamster yang sedang hamil cenderung lebih sensitive dan galak.

1 comment:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete