Buah Tin

Pohon Buah Tin, Buah yang satu ini memang sangat spesial karena memiliki kandungan manfaat yang luar biasa. Buah surga ini juga merupakan buah eksotik, itu lah sebebnya harga Pohon Ara nama lain dari buah Tin ini memiliki harga jual yang mahal. Banyak orang menanam buah ini di dalam pot di bandingkan langsung di tanam di tanah. Karena pesona pohon surga ini sangat menggoda,
maka jika di tanam di dalam pot akan membawa nilai keindahan tersendiri bagi pemiliknya. Untuk perawatan buah tin dalam pot memang lebih diperhatikan agar buah ini tumbuh subur dan berbuah lebat. Berikut tips dan trik penanaman buah tin dalam pot :
Pemilihan Jenis 
Buah tin ada beberapa jenis, di antaranya buah yang berwarna ungu dan hijau muda.
Buah tin hijau berwarna hijau muda, yaitu conadria dan long yellow. Conadria memiliki warna kulit
buah hijau kekuningan dengan daging buah merah muda. Buah ini dapat dikonsumsi segar dengan rasa yang tidak terlalu manis. Daya tahannya yang lama, produktif, serta tahan panas (kekeringan) dengan pohonnya yang kokoh dan berumur panjang.
Sementara itu, jenis long yellow memiliki warna kulit buah yang agak kekuningan dengan tangkai buah yang panjang, rasanya cukup manis, tetapi pematangan buahnya agak lambat Buah tin ungu, yaitu black ischia dan negronne. Black ischia berasal dari Italia, buahnya berwarna ungu tua sampai hitam dengan dasar buah kehijauan dan noda keemasan serta daging buah merah keunguan dengan rasa yang enak seperti sawo. Buahnya berbentuk seperti pir berukuran cukup besar (panjang 6,35 cm dan lebar 3,8 cm) dengan tangkai buah yang pendek.
Sementara itu, negronne (violette de bordeaux) berasal dari distrik Negronne di Bordeaux, Perancis. Rasanya paling enak dibandingkan dengan buah tin lainnya. Daging buahnya berwarna merah tua dan kulitnya nyaris hitam. Kedua jenis tanaman buah tin ini cocok dijadikan sebagai tanaman dalam pot, apalagi negronne dengan sosok tanaman yang tegak, kokoh, dan cenderung kerdil.
Bertanam di Pot
Siapkan pot berukuran diameter 50 cm dan tinggi lebih dari 60 cm, lalu masukkan pecahan genting atau batu bata ke dalam dasar pot untuk mencegah keluarnya media tanam bersama air siraman. Selanjutnya, masukkan media tanam sampai mengisi minimal setengah pot.
Siapkan bibit yang dipilih berasal darisetek dengan ketinggian minimal 60 cm dan berdaun sempurna lebih dari enam helai. Batangnya tegak dan sehat dengan diameter 1 cm. Setelah itu, gunting polibag dan keluarkan bibit beserta media tanamnya dari polibag.
Tanam bibit tepat di tengah-tengah pot, lalu tambahkan media tanam hingga mendekati bibir pot. Siram bibit yang baru ditanam sampai media tanam basah. Tempatkan pot di lokasi teduh dalam beberapa hari, lalu pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari setelah segar.
Perawatan Pohon Buah Tin

Untuk masalah perawatannya pun cukup mudah dan tidak terlalu susah untuk dilakukan, karena Anda hanya perlu menyiramnya setiap hari di pagi hari. Lebih baik dan ideal lagi jika tanaman pohon Tin ini disiram dengan campuran dari M-4, gula pasir dan air dengan perbandingan setengah botol dari M-4, setengah kilo gram gula pasir dan dua puluh liter dari air. Lalu setelah semuanya dicampurkan, diamkanlah terlebih dahulu selama tiga hari lamanya dan jika sudah disimpan selama tiga hari barulah Anda bisa menggunakan campuran cairan tersebut untuk menyirami pohon Tin. Terakhir yang perlu diperhatikan dari teknik budidaya dan cara menanam pohonTin ini sebagiknya dilakukan saat tidak panas terik yaitu pada pagi, sore hari atau pada saat cuaca sedang mendung.

2 comments:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete